Benchmarking Dalam Penguatan Jaminan Mutu Fakultas Teknik Universitas Teuku Umar
  • Prodi Teknik Sipil
  • 29. 08. 2022
  • 0
  • 756

Alue Penyareng - Meulaboh, Pada Hari kedua kunjungan jaminan mutu Fakultas. Satuan Penjaminan Mutu Fakultas (SPMF) Teknik Universitas Teuku, melakukan Benchmarking ke SJMF Teknik USK dan TPMA Jurusan Teknik Sipil. Kegiatan ini dilaksanakan diruang sidang Teknik Sipil USK. Dalam pertemuan ini turut hadir Ketua Jurusan Teknik Sipil, Ka Prodi S1 Teknik Sipil USK, Ka Prodi D3 Teknik Sipil USK, Koordinator Prodi Magister Teknik Sipil USK, Ketua SJMF Teknik, Ketua TPMA Teknik sipil USK serta anggota Jaminan Mutu FT USK.


Dalam sambutannya, Ketua jurusan Teknik Sipil USK Dr. Yusria Darma, ST., M.Eng.Sc mengucapkan selamat datang kepada tim jaminan mutu Fakultas Teknik UTU. Beliau menyampaikan bahwa dokumen yang terintegrasi dan siklus ppepp terdokumentasi dengan baik sangat dibutuhkan untuk akreditasi prodi.

Wakil Dekan 2 FT UTU Inseun Yuri Salena, B.Sc., M.Sc, menyampaikan terima kasih telah menerima Tim Jaminan Mutu Fakultas Teknik, alasan memilih Teknik Sipil USK sebagai tempat Benchmarking dihari kedua ini dikarena Teknik Sipil UTU sedang mengajukan akreditasi, dan ingin belajar mengenai sistem penjaminan mutu yang telah dilakukan selama ini di Prodi Sipil Fakultas Teknik USK, imbuhnya.

Ketua SPMF FT UTU Cut Suciatina Silvia, ST., MT menyampaikan bahwa tujuan benchmarking ini adalah untuk belajar tentang penyusunan dokumen akreditasi, dengan pemenuhan siklus PPEPP dari setiap standar yang dibutuhkan baik dalam bidang pendidikan penelitian dan pengabdian. selain itu saat ini akan ada 2 jurusan di Fakultas Teknik UTU yaitu jurusan Teknik Sipil dan Jurusan Trknologi Informasi yang sedang emnyiaokan borang akreditasi melalui LAM (Lembaga Akreditasi Mandiri) Teknik.


Ketua SJMF Teknik USK Dr. Hesti Meilina, ST., M.Si dalam paparannya mengatakan bahwa untuk akreditasi dokumen-dokumen akreditasi harus memenuhi Standar Nasional Dikti, bahkan di Fakultas Teknik USK sudah mulai mengikuti Standar Internasional. Agar semua dokumen PPEPP dapat berjalan baik dan dikendalikan maka sebaiknya hasil temuan dari audit mutu internal dibuatkan laporan analisis resiko, imbuhnya.


Selanjutnya Koordinator IABEE Tenik Sipil USK Dr. Yunita Idris, ST. M.Eng.Structure memaparkan terkait dengan bagaimana menganalisis Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang dikorelasikan dengan Profil Profesi Mandiri (PPM). Untuk memperoleh Capaian pembelajaran tersebut, alangkah lebih baik mempersiapkan dokumen portofolio yang berisi RPS, CPL, CPMK, metode pembelajaran (case methode dan lainnya) sampai kepada hasil penilaian akhir mahasiswa sehingga memudahkan untuk kebutuhan akreditasi.


Kegiatan ini diakhiri dengan penyerahan cinderamata dan penandatanganan SPK (Surat Perjanjian Kerja) antar Prodi Teknik Sipil USK dengan Prodi Teknik Sipil UTU. Dengan adanya perjanjian kerjasama ini diharapkan kedepannya dapat meningkatkan sistem penjaminan mutu yang mendukung peningkatan akreditasi prodi.  (AR)

 

 

 

Komentar :

Lainnya :