Enam Tahun Universitas Teuku Umar Berstatus Negeri, Rektor Paparkan Sejumlah Kemajuan
  • Pusat Penjaminan Mutu
  • 07. 08. 2020
  • 0
  • 701

MEULABOH - Universitas Teuku Umar (UTU) memperingati enam tahun sebagai perguruan tinggi negeri sejak ditingkatkan statusnya melalui Keputusan Presiden RI, tahun 2014 lalu.

Acara tersebut berlangsung di Aula Utama Kampus UTU, Alue Peunyareng, Kamis (23/7/2020).

Kegiatan yang dirangkai dengan sosialisasi LKPT dan LED Universitas Teuku Umar dihadiri para Wakil Rektor, Dekan, Wakil Dekan, Ketua Senat, Para kepala Biro, para Kabag, Ketua jurusan, ketua pusat lingkup UTU dan seluruh anggota tim penyusun borang Akreditasi Perguruan Tinggi UTU. Selain itu, kegiatan ini juga diikuti 22 peserta melalui Zoom Meetings Cloud. Di antara peserta yang hadir di ruang zoom meetings adalah Bupati Kabupaten Simeulue Erly Hasyim, Sekretaris LLDIKTI XIII Aceh, Dr Ilham Maulana, stakeholder lainnya seperti direktur perusahaan sawit, perwakilan Korem 012/TU dan para pengguna alumni.

Dalam pemaparannya, Rektor UTU Prof Dr Jasman J Ma'ruf menjelaskan, berbagai capaian yang telah ditorehkan oleh UTU, sebagai wujud pelaksanaan mandat perguruan tinggi. Momentum ini merupakan upaya refleksi terhadap milestone yang telah dilewati, dan bersama-sama membangun komitmen untuk terus berbenah, berkontribusi, dan secara arif menjadi bagian dari proses mencerdaskan bangsa.

 "UTU memiliki visi sebagai kampus sumber inspirasi dan referensi dibidang agro and marine industries, untuk itu seluruh inovasi yang dilahirkan, penelitian yang dihasilkan dan berbagai usaha pengembangan lainnya harus tetap dijalur yang mengarah kepada pencapaian visi tersebut," jelas Rektor.

Rektor UTU kemudian memaparkan berbagai prestasi yang dicapai dalam kurun waktu 6 tahun (2014-2020), diantaranya keberhasilan UTU dalam bidang pembangunan Infrastruktur, peningkatan publikasi dosen, peningkatan jumlah mahasiswa penerima beasiswa, peningkatan jumlah jurnal terakreditasi Sinta, prestasi sebagai kampus terhijau di Aceh versi UI-Greenmetrics dan berbagai keberhasilan lainnya.

"Yang paling penting diketahui, pencapaian itu semua merupakan hasil kerja keras dari seluruh Dosen UTU yang jumlahnya hanya 284 orang," Kata Prof Jasman.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Simeulue Erly Hasyim mengapresiasi pencapaian-pencapaian UTU dalam waktu yang relatif singkat.

"Luar biasa pencapaian kampus UTU, kampus tercinta, kampus kebanggaan masyarakat Aceh khususnya pantai barat selatan. Kami tentu berharap UTU akan terus melahirkan alumni-alumni yang memiliki kontribusi nyata untuk daerah dan Indonesia dimasa yang akan datang," Kata Erly Hasyim secara virtual.

Dewan penyantun UTU tersebut juga meminta kepada Rektor dan segenap civitas akademika Universitas Teuku Umar secara khusus untuk membantu Kabupaten Simeulue dalam usaha meningkatkan produksi pertanian dan pengembangan sumberdaya manusia di kabupaten kepulauan tersebut. Katanya, Simeulue memiliki ribuan hektar lahan yang belum tergarap maksimal, untuk itu peran serta UTU sangat diharapkan ke depan.

Sementara itu, Sekretaris LLDIKTI Aceh, Dr Ilham Maulana turut memberi masukan kepada tim penyusun borang APT UTU agar menambah data dan penjelasan terkait jumlah paten yang dihasilkan oleh dosen, karena hal itu bersesuaian dengan visi UTU sebagai sumber referensi.(*)


Artikel ini telah tayang di serambinews.com dengan judul Enam Tahun Universitas Teuku Umar Berstatus Negeri, Rektor Paparkan Sejumlah Kemajuan, https://aceh.tribunnews.com/2020/07/23/enam-tahun-universitas-teuku-umar-berstatus-negeri-rektor-paparkan-sejumlah-kemajuan.
Penulis: Sa'dul Bahri
Editor: Ansari Hasyim

Lainnya :