TPAI-UTU Bencmarking Akreditasi Internasional Ke UNS Solo
  • Pusat Penjaminan Mutu
  • 20. 06. 2022
  • 0
  • 425

Solo-Pada 15 Juni 2022, Tim Penjajakan Akreditasi Internasional Universitas Teuku Umar (TPAI-UTU) melakukan benchmarking ke Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Universitas Sebelas Maret (LP2MP-UNS) Solo. Kunjungan yang dipimpin oleh Ketua TPAI-UTU, Drs. T. Muslim Raden, M.Si ini disambut langsung oleh Ketua LP2MP-UNS, Prof. Dr. Sarwiji Suwandi, M.Pd, bersama Sekretaris LP2MP-UNS, Dr. Yudho Taruno Muryanto, SH., M.Hum, Kepala Bagian Tata Usaha, Eko Mursito, ST, Koordinator Bidang Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME) Internasional Sains, Dr. Indah Widiastuti, ST., M.Eng, dan Kepala Pusat Pengembangan SPM, Inayati, ST., MT., Ph.D.

Kunjungan yang berlangsung di Gedung LPPM dan LP2MP, di Jalan Ir. Sutami 36 A Surakarta ini, bertujuan untuk mempelajari proses akreditasi internasional yang telah dicapai oleh UNS. Dalam paparannya, Ketua LP2MP-UNS menjelaskan bahwa untuk mencapai akreditasi internasional dibutuhkan kerjasama dari semua pihak. Lebih jauh, Prof. Dr. Sarwiji Suwandi, M.Pd mengatakan bahwa di UNS, akreditasi internasional diprioritaskan untuk Program Studi (Prodi) yang telah mendapatkan akreditasi A atau unggul. Hal ini tertuang dalam Peraturan Rektor No. 62 yang menjelaskan bahwa prodi-prodi yang telah terakreditasi A atau unggul wajib mengajukan akreditasi internasional.

“Akreditasi internasional di UNS berdasarkan Peraturan Rektor No. 62, di mana prodi-prodi yang terakreditasi unggul atau A, wajib mengusulkan akreditasi internasional” jelasnya.

Untuk mencapai akreditasi internasional tersebut, UNS membentuk empat bidang SMPE di antaranya Koordinator Bidang SMPE Nasional Sains, Koordinator SPME Nasional Sosial Humaniora, Koordinator Bidang SPME Internasional Sains, dan Koordinator Bidang SPME Internasional Sosial Humaniora. Selain empat bidang ini, UNS memiliki manajemen mutu non-akreditasi seperti Koordinator Bidang SPMI, Koordinator Bidang Monev dan Audit Mutu Internal Pengabdian Kepada Masyarakat.

Dalam sesi tanya jawab, LP2MP-UNS juga memberikan contoh tentang bagaimana memperoleh akreditasi internasional dari ASIIN. Menurut mereka bahwa kriteria akreditasi dari lembaga yang berasal dari Jerman tersebut meliputi: kompetensi lulusan yang sejalan dengan kurikulum (concept, content, & implementation), dokumen pendukung pembelajaran (transparancy & documentation), metode capaian pembelajaran (structures, methods, & implementation), ujian untuk melihat ketercapaian pembelajaran (exams; system, concept, & organization), sumber daya manusia (resources), dan manajemen mutu (quality management; quality assesment and development).

Terakhir, LP2MP-UNS mengingatkan tentang pentingnya kerjasama antar pimpinan dan dosen, terutama dekan dan ketua Prodi dalam bentuk perjanjian kerja, untuk mencapai target akreditasi internasional. Acara yang berlangsung secara interaktif tersebut diakhiri dengan foto bersama dan tour mengelilingi kampus UNS di Jebres, Solo. (Doni)

Lainnya :