TPAI-UTU Kunjungi UNDIP Untuk Akreditasi Internasional
  • Pusat Penjaminan Mutu
  • 20. 06. 2022
  • 0
  • 349

Semarang-Untuk mencapai akreditasi internasional, Tim Penjajakan Akreditasi Internasional (TPAI) Universitas Teuku Umar (UTU) melakukan penjajakan dan bencmarking ke Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Universitas Diponegoro (LP2MP UNDIP) Semarang pada 14 Juni 2022. TPAI-UTU yang dipimpin oleh Drs. T. Muslim Raden, M.Si (Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan, Perencanaan, dan Kerjasama) dan beberapa unsur yaitu Husni Mubarak, S.Hi (Koordinator Akademik dan Evaluasi), Triyanto, S.Sos., MA (Koordinator Pusat Penjaminan Mutu), Firman Parlindungan, Ph.D (Koordinator Pusat Pengembangan Kurikulum dan Bahasa), dan Yoga Nugroho, MM (Kepala Teknologi, Informasi, dan Komunikasi) disambut langsung oleh Sekretaris LP2MP-UNDIP, Dr. Paramita Prananingtyas, SH., LLM, Kepala Pusat Penjaminan Mutu Ekternal, Dr. Hari Susanta Nugraha, S.Sos., M.Si dan Kepala Sub Bagian Program dan Evaluasi, Emma Noorlyana, SE.

Dalam pertemuan tersebut, Dr. Paramita Prananingtyas, SH., LLM memaparkan capaian akreditasi internasional UNDIP. Ada beberapa hal yang perlu ditekankan untuk mencapai akreditasi internasional berdasarkan pengalamannya yaitu komitmen kuat dari pimpinan universitas seperti dukungan pembiayaan, proses penyusunan dokumen, dan pendampingan yang berkelanjutan.

“Perlu komitmen yang kuat dari pimpinan universitas dalam hal pembiayaan, proses penyusunan, dan pendampingan berkelanjutan, sampai dengan saat pengumuman. Akreditasi internasional ini memerlukan biaya yang tinggi untuk mewujudkannya” jelas Paramita.

Selain itu, menurutnya, bahwa kegiatan workshop akreditasi internasional dari lembaga bereputasi, belajar dari kampus yang lebih dahulu memiliki akreditasi internasional, serta alih bahasa terhadap sejumlah dokumen seperti modul pembelajaran, skripsi bagi S1, tugas-tugas, soal ujian, jawaban ujian, dan beberapa dokumen lainnya sangat penting dilakukan.

“Kami melakukan workshop akreditasi internasional dari lembaga FIBAA dan ASIIN. Selain itu, kami juga workshop dengan mengundang dari kampus lain di Indonesia yang sudah lebih dahulu memiliki akreditasi internasional seperti Universitas Airlangga untuk berbagi pengalaman” tambahnya.

Kunjungan ini berlangsung hangat dan penuh antusias dari kedua pihak. Di akhir acara, Drs. Muslim Raden, M.Si menyerahkan cinderamata kepada LP2MP-UNDIP sebagai ucapan terima kasih. Pengalaman UNDIP dalam mencapai akreditasi internasional menjadi pelajaran bagi UTU untuk mencapai akreditasi internasional, yang menjadi target utama saat ini.(Doni)

Lainnya :